Explore Pulau Pahawang!

Explore Pulau Pahawang!

Bau liburan sudah tercium, apa kamu sudah menentukan akan menghabiskan waktu di mana? Bagaimana jika kita pergi bersama ke Pulau Pahawang, genk? Pulau eksotis dengan pantai dan kehidupan bawah laut yang indah ini terletak di Lepas Teluk Punduh, Kecamatan Marga Punduh Pindada, Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan, genk.

Pulau Pahawang dapat diakses dari Pelabuhan Bakauheni maupun dari Bandara Radin Inten II Bandar Lampung, genk. Dilanjutkan dengan berkendaraan selama 3 jam menuju Pelabuhan Ketapang dan naik kapal sekitar 20-30 menit menuju Pulau Pahawang Besar.

Pulau Pahawang Besar ini adalah pulau utama yang dihuni oleh kurang lebih 900 Kepala Keluarga, genk. Ada tiga dusun utama yang biasanya menjadi tempat wisatawan menginap yaitu Dusun Pengetahan, Jelarangan dan Cukuh Nyai. Di ketiga dusun ini tersebar 50 homestay dan 4 villa yang bisa menampung 15-40 orang. Karena berpenghuni, karena itu ada juga fasilitas umum seperti puskesmas dan sekolah, genk. Tidak hanya sebagai tempat tinggal, di sekitar Pulau Pahawang Besar juga kita bisa menikmati keindahan pantainya, atau jalan-jalan keliling kampung dan berinteraksi dengan penduduk, genk.

Tidak jauh dari Pulau Pahawang Besar, ada Pulau Pahawang Kecil yang luasnya kurang lebih 13 hektar dan dikelola atau dimiliki secara private oleh Warga Negara Asing. Dan karena private itu, kita tidak terlalu bisa explore pulau ini dan hanya bisa melihat keindahan alam bawah laut di sekitarnya saja

Nah, kalau untuk para penyuka snorkeling, di sekitar pulau Pahawang Besar juga ada spot snorkeling favorit para wisatawan, lho. Di spot ini, para wisatawan sering menyebutnya sebagai Taman Nemo. Karena dengan mudahnya kita melihat si ikan nemo di film Finding Nemo atau ikan badut atau ikan giru atau clown fish itu berenang keluar masuk anemone laut. Spot snorkeling lainnya terdapat di Gosong Pancong dan Cukuh Bedil atau Pengetahan.

Selain ikan yang berenang di antara terumbu karang yang indah itu, ada juga spot foto yang sengaja dibuat penduduk, genk. Spot ini dinamakan sebagai Taman Laut. Kita bisa menyelam dan melihat landscape bawah laut hasil instalasi penduduk, genk. Kalau mau lebih asyik lagi, kita bisa menyelam di sekitar Pulau Tanjung Putus dan Pulau Legundi, genk. Di dekat Pulau Tanjung Putus ada bangkai kapal karam yang menjadi habitat ikan-ikan. Sementara di peraian Pulau Legundi, ada gua bawah lautnya.

Surga lainnya yang bisa kunjungi adalah Pulau Kelagian Besar dan Kelagian Kecil. Jika ingin menikmati fasilitas di antara keriuhan pengunjung, silakan langsung ke Pulau Kelagian Besar, genk. Selain bisa menikmati keindahan bawah lautnya, di pulau ini juga tersedia banana boat sebagai salah satu fasilitas keseruannya.

Berbeda halnya dengan Pulau Kelagian Kecil, genk. Pulau ini tidak terlalu ramai dikunjungi, genk. Kesan private-nya sangat terasa! Selain itu, pantainya juga masih bersih. Pasir putihnya yang sehalus tepung dipadu dengan air lautnya yang jernih dan memendarkan warna biru serta ombak yang tenang, membuat kita betah berlama-lama di pulau ini.

Aktivitas yang bisa kita lakukan di Pulau Kelagian Kecil itu tidak jauh dari melihat kehidupan bawah lautnya yang super duper indah di air yang berwarna tosca, berjemur dengan bebas, atau keliling pulau sembari menikmati anugerah Tuhan di depan kita. Ah, serasa pulau pribadi!

Check harga Trip-nya