Explore Pulau Peucang, Kuy?

Explore Pulau Peucang, Kuy?

Kebisingan di sekitar dan tumpukan pekerjaan sering membuat kita merasa luar biasa lelah. Liburan adalah penawar dari semua itu, genk. Tidak perlu jauh, cukup pilih yang dekat seperti Pulau Peucang. Pulau di Selat Panaitan dan masuk wilayah administratif Kabupaten Pandeglang ini menyuguhkan paket komplit untuk meliburkan diri dari segala aktivitas sembari menikmati suguhan alam yang indah dengan cita rasa alam liar yang kental.

Nama Pulau Peucang sendiri di ambil dari nama siput yang oleh penduduk di sekitar Taman Nasional Ujung Kulon biasa disebut “mata peucang”. Ada juga yang menganggap bahwa pulau itu diambil dari hewan “Kancil” yang dalam bahasa Sunda disebut “Peucang”. Meskipun tentu saja di sana tidak ada hewan kancil

Di pulau ini ada penginapan yang dikelola swasta, genk. Kita tinggal pilih saja mau pilih menginap di barak yang bisa dihuni pengunjung berkelompok dengan kapasitas 8-12 orang atau di cottage dengan tipe tertentu yang bisa diisi 4-6 orang. Jika ingin jajan dan ngopi, ada koperasi yang dikelola oleh pegawai kantor Pulau Peucang dan ada restoran yang dikelola swasta, genk.

Meskipun demikian, sensasi ‘merasa di pulau sendiri’ itu masih terasa sekali, lho. Apalagi dengan tidak adanya sinyal ponsel sehingga obrolan tidak terganggu karena kita sering melihat ponsel. Ini bisa menjadi perekat keakraban selama berkunjung di sana, lho.

Satu hal yang tidak boleh kita lakukan di penginapan ini adalah membiarkan pintu dan jendela terbuka saat kita hendak keluar. Sebab, hewan-hewan seperti monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) bisa sangat iseng mengambil barang-barang kita. Belum lagi hewan lainnya seperti babi hutan (Sus Verrucosus), Rusa (Cervus Timorensis), Merak Hijau (Pavo Muticus), Kijang, dan Biawak begitu mudah kita lihat berada di sekitar penginapan.

Hewan-hewan penghuni pulau yang sudah ditetapkan sebagai Situs Alam Warisan Dunia oleh UNESCO ini memang terkesan jinak. Mungkin karena mereka sering melihat manusia, jadi tidak segan lagi untuk mendekat. Ini juga bisa jadi keuntungan kita yang ingin berpose bersama mereka dengan latar pantai berpasir putih yang bersih dipadu dengan air laut jernih kebiru-biruan yang kontras, benar-benar sangat memanjakan mata. Selain itu, bisa memunculkan gairah kita untuk berenang, snorkeling dan memancing.

Buat kamu yang ingin snorkeling, ada spot terbaik di Pulau Peucang dengan pemandangan bawah laut yang aduhai. Terumbu karang warna-warni dan berbagai jenis ikan, bisa buat kita betah. Selain itu, kita juga bisa menghabiskan sore di Karang Copong, tempat terbaik melihat sunset di pulau yang luasnya sekitar ± 450 hektar ini.

Belum cukup keseruan ini bila kita tidak mengexplore hutan hujan tropis di pulau ini, genk. Kita bisa mulai trekking melihat banyak pepohonan tumbuh subur di sini. Ada pohon Ki Hujan (Engelhardia serrate), Merbabu (Intsia bijuga), Palahlar (Dipterocarpus haseltii), Bungur (Lagerstromia speciosa) dan Cerlang (Pterospermum diversifolium). Selain itu ada juga tumbuhan parasit yang hidupnya melilit di pohon lain seperti pohon Ara Pencekik atau Ficus. Selain itu, ada spot foto yang menarik di pohon Kiara yang sangat besar dengan akar-akarnya yang besar pula itu. Mau coba bergelantungan di akarnya? Boleh.

Selain itu, kita juga bisa trekking ke padang savana Cidaon yang memiliki luas sekitar 4 hektar. Untuk mencapai tempat ini, kita harus naik kapal selama 10-20 menit dari Pulau Peucang. Di sini, kita bisa melihat hewan liar seperti kawanan Banteng yang sedang merumput. Jika datangnya pagi, kita juga bisa melihat hewan lain seperti merak, rusa dan lainnya.

Trekking hutan sudah, sekarang kita susuri sungai Cigenter menggunakan cano sembari pulang, genk. Sungai yang dijuluki Amazon mini ini bisa bikin rasa takut naik hingga ke mulut. Suasananya seperti di film-film tentang alam liar gitu. Dan kehororan bak film ini semakin terasa bila kita beruntung melihat penghuni sungai, buaya, muncul ke permukaan. Juga ular phyton yang melilit di pohon-pohon di pinggir sungai.

Bagaimana seru, kan? Yuk explore bareng explorepulau.id!

Check harga Trip-nya